IMPLEMENTASI PRINSIP – PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR UPT DINAS PENDAPATAN PROVINSI BALI DI KABUPATEN BADUNG

Artana, I Made (2014) IMPLEMENTASI PRINSIP – PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR UPT DINAS PENDAPATAN PROVINSI BALI DI KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Warmadewa.

[img]
Preview
Text
Implementasi prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kepuasan pelayanan publik pada ka.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas masalah implementasi prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kepuasan pelayanan publik pada Kantor UPT Dinas Pendapatan Provinsi Bali di Kabupaten Badung. Hal ini dilatarbelakangi kuatnya tuntutan demokratisasi dan pengakuan akan hak-hak asasi manusia yang melahirkan tuntutan terhadap manajemen pelayanan yang berkualitas, yang bercirikan pemerintahan yang baik (good governance). Untuk mencapai tujuan tersebut perlu didukung oleh SDM yang memiliki daya tanggap, inisiatif, ramah, sopan, serta menghargai dan menghormati masyarakat dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kepuasan pelayanan publik pada Kantor UPT Dinas Pendapatan Provinsi Bali di Kabupaten Badung dengan hipotesis yaitu semakin baik implementasi prinsip-prinsip good governance maka akan semakin meningkat kepuasan masyarakat pada Kantor UPT Dinas Pendapatan Provinsi Bali di Kabupaten Badung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif untuk menguraikan data berdasarkan fakta, data dan informasi. Teknik analisis data kuantitatif untuk menguraikan data melalui statistik, seperti analisis korelasi product moment, analisis regresi sederhana dan analisis determinasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Convenience Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang masyarakat pengguna layanan. Penarikan sampel berdasarkan pendapat Juliansyah Noor yaitu yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengamatan (observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi prinsip-prinsip good governance pada Kantor UPT Dinas Pendapatan Provinsi Bali di Kabupaten Badung berjalan dengan baik. Berdasarkan Analisis Korelasi Product Moment diperoleh hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,827 > 0,361) maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara implementasi prinsip-prinsip good governance dengan kepuasan pelayanan publik. Berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh Y'= 10,295+0,750 X yang berarti adanya hubungan searah antara variabel implementasi prinsip-prinsip good governance dengan variabel kepuasan pelayanan publik, ini berarti semakin baik implementasi prinsip-prinsip good governance maka semakin meningkat kepuasan masyarakat pada Kantor UPT Dinas Pendapatan Provinsi Bali di Kabupaten Badung. Berdasarkan hasil analisis determinasi pengaruh implementasi prinsip-prinsip good governance terhadap meningkatkan kepuasan pelayanan publik sebesar 68,39%, sedangkan sisanya sebesar 31,61% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: good governance, pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > State Administration Science
Depositing User: wija ukir
Date Deposited: 27 May 2016 05:37
Last Modified: 27 May 2016 05:37
URI: http://repository.warmadewa.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item