STRATEGI PEMASARAN HUBUNGAN MASYARAKAT (MARKETING PUBLIC RELATION) DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PELANGGAN (CUSTOMERS) AQUA DI KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG

Purwatie, Ayu (2017) STRATEGI PEMASARAN HUBUNGAN MASYARAKAT (MARKETING PUBLIC RELATION) DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PELANGGAN (CUSTOMERS) AQUA DI KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Warmadewa.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar-pustaka.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Archive
etc.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Marketing public relations merupakan sebuah proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi informasi dan impresi yang kredibel. Seperti halnya iklan, hubungan masyarakat (public relations) juga menjadi kiat pemasaran penting. Perusahaan tidak hanya harus berhubungan secara konstruktif dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, namun juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan masyarakat besar. Banyak perusahaan kini membentuk Divisi Marketing Public Relations untuk mempromosikan dan menjaga citra perusahaan atau produknya. Berdasarkan uraian diatas akhirnya dapat penulis merumuskan suatu masalah sebagai berikut : “Bagaimanakah strategi pemasaran hubungan masyarakat (marketing public relations) dalam meningkatkan daya tarik pelanggan (customers) AQUA di Kecamatan Kuta Kabupaten Badung?”. Untuk memecahkan masalah tersebut diperlukan adanya landasan teori yaitu strategi marketing public relation dan daya tarik customer AQUA yang dimana variabel-variabel diberikan batasan-batasan teori. Dengan berpedoman pada teori tersebut penulis merumuskan suatu hipotesis sebagai berikut : “Semakin meningkat penggunaan strategi pemasaran hubungan masyarakat (marketing public relation) maka semakin meningkat pula daya tarik pelanggan (customer) AQUA pada Kecamatan Kuta Kabupaten Badung”. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan metode interview, observasi, dokumentasi dan kuisioner serta metode pengolahan data yang digunakan adalah statistic/metode kualitatif dengan mendeskripsikan variabel x dan y dan metode kuantitatif dengan analisis koefisien korelasi product moment, analisis regresi linear dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian dengan analisis korelasi product moment di dapat hasil koefisien korelasi sebesar 0,81 ini termasuk sangat tinggi karena terletak diantara 0,70 - 0,90 dan setelah diuji dengan F-test diperoleh hasil F-test > F-tabel yaitu 75,10 > 3,05, yang berarti variabel strategi marketing public relation dan daya tarik customers AQUA adalah signifikan. Dari hasil analisis regresi linear diperoleh hasil Y = -120,54 + 28,70 X dan setelah diuji dengan T-hit diperoleh hasil T-hit lebih besar dari T-tabel yaitu 28,70 > 3,05 dan ini berarti persamaan regresi linear Y= -120,54 + 28,70 X adalah signifikan. Dari analisis koefisien determinasi diperoleh hasil 0,66 x 100% atau 66%. Dari analysis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel strategi marketing public relation memengaruhi daya tarik customers AQUA sebesar 66% dan 34% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil analisis kecepatan prediksi, setelah diuji dengan membandingkan antara Sy dengan SEest maka diperoleh hasil Sy > SEest yaitu 0,22 > 0,20 yang berarti prediksi ini adalah cermat. Secara keseluruhan dari hipotesis yang penulis ajukan, yaitu Semakin meningkat penggunaan strategi pemasaran hubungan masyarakat (marketing public relation) maka semakin meningkat pula daya tarik pelanggan (customer) AQUA pada Kecamatan Kuta Kabupaten Badung terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: marketing public relation, strategi pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > State Administration Science
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 12 Aug 2017 01:58
Last Modified: 12 Aug 2017 01:58
URI: http://repository.warmadewa.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item