Ate, Yulius Gono (2017) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Warmadewa.
|
Text
abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
daftar-pustaka.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Archive
etc.zip Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah mencakup pelayanan masyarakat dan pelayanan administrasi. Kedua hal tersebut beriringan dalam mewujudkan kinerja pelayanan yang baik (good performance) dalam pemerintahan. Tujuan pelayanan publik didukung dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. Penyelenggaraan pemerintahan dalam konteks otonomi daerah diharapkan untuk lebih mengutamakan kepentingan masyarakat terutama dalam penyediaan fasilitas publik dan administrasi publik. Permasalahan penelitian adalah bagaimanakah Kinerja Pelayanan Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Barat Daya Nusa Tenggara Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Barat Daya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang terdiri dari 3 (tiga) alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dengan harapan dapat menggali dan mengumpulkan data secara mendalam guna memperoleh data utama, dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dinyatakan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil kepada masyarakat sudah cukup baik. Ini dapat dilihat dari indikator kinerja pelayanan yaitu responsif, tanggung jawab, kecakapan, hubungan, keamanan dan pemahaman. Beberapa saran yang bisa diusulkan yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan kinerja pelayanan PNS yang baik yaitu, Pegawai Negeri Sipil perlu lebih cepat dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat agar tercapai tujuan yang diinginkan, yakni kepuasan masyarakat. Disamping itu, pegawai perlu meningkatkan sikap positif yang ditunjukkan kepada masyarakat yang mengurus KTP, Akta Lahir dan KK dengan melakukan budaya 5S yakni senyum, salam, sapa, sopan dan santun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja, pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > State Administration Science |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 00:41 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 00:41 |
URI: | http://repository.warmadewa.ac.id/id/eprint/275 |
Actions (login required)
View Item |