Indiani, Ni Luh putu and Sara, I Made (2018) PKM UKM KERAJINAN KAYU DEKORATIF BERBASIS E-MARKETING DI DESA TEGALLALANG, KABUPATEN GIANYAR, PROVINSI BALI. [Video] (Unpublished)
|
Video
VID-Program Kemitraan Masyarakat.mp4 Download (23MB) | Preview |
Abstract
UKM merupakan tulang punggung perekenomian Indonesia, dan Bali pada khususnya. UKM menghadapi berbagai tantangan dan kendala seperti kualitas sumber daya manusia yang rendah, tingkat produktivitas, dan kualitas produk rendah, kurangnya pemanfaatan teknologi informasi, faktor produksi, sarana dan prasarana belum memadai, dan aspek pendanaan belum baik. Untuk membantu UKM mengatasi kendala ini, civitas akademika menyelenggarakan Program Kemitraan Masyarakat dengan tujuan meningkatkan kinerja UKM. Melakukan studi pendahuluan pada industry kerajinan kayu dekoratif di Tegallalang, ditemukan sejumlah kendala yang dihadapi UKM. Dari hasil analisis SWOT ditemukan bahwa masalah ketidakmampuan melakukan ekspor dan memanfaatkan ecommerce merupakan kelemahan terbesar mitra yang memerlukan solusi tepat dan segera, demi meningkatkan kinerja usaha mitra. Kedua masalah ini menjadi masalah prioritas dalam PKM ini. Solusi yang direkomendasikan berada di ruang lingkup pemasaran. Mitra disarankan menerapkan market development strategy untuk memperluas target pasar ke mancanegara. Beberapa langkah ditempuh untuk menerapkan strategi ini, yaitu: sosialisasi prosedur ekspor agar mitra memperoleh pemahaman mengenai tata cara ekspor dan tata cara pembayaran, pemaparan mengenai dokumen-dokumen yang dibutuhkan, dan pemaparan mengenai pihak-pihak yang terkait dalam proses ekspor. Di samping itu tim pelaksana pengabdian juga memberikan pelatihan berbasis IT sehingga mitra mampu memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dan transaksi, dan memberikan asistensi sehingga mitra tergabung dalam platform e-marketplace demi meningkatkan awareness dan potensi penjualan produk baik di lingkup nasional maupun internasional. Pengabdian ini telah rampung 100% dan seluruh luaran telah tercapai. Luaran tersebut adalah dalam bentuk peningkatan daya saing pengelola UKM dengan pengetahuan lebih baik mengenai prosedur ekspor. Luaran kedua adalah peningkatan penerapan iptek pada usaha mitra dalam hal ini implementasi e-marketing dalam bentuk kepemilikan akun facebook, instagram dan toko online Tokopedia yang digunakan sebagai media promosi dan transaksi oleh UKM mitra. Luaran ketiga adalah artikel yang telah berstatus accepted pada jurnal nasional terakreditasi “Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagadhita”. Kegiatan ini memperoleh pendanaan dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Warmadewa dan dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi, dengan ketua tim pelaksana Dr. Ni Luh Putu Indiani, S.E., M.M. dan Dr. I Made Sara, S.E., M.P.
Item Type: | Video |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemitraan, UMKM Kerajinan Kayu Bebasis E-Marketing |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Institution of Research and Community Service (LP2M) > Economics and Development Studies |
Depositing User: | I Putu Astina |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 09:34 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 03:46 |
URI: | http://repository.warmadewa.ac.id/id/eprint/453 |
Actions (login required)
View Item |